Rabu, 23 Maret 2011

500 Hektare Lahan Gambut Dibakar

Fri, Feb 11th 2011, 19:11

MEULABOH - Sebanyak 500 Hektare lahan gambut di Kecamatan Arongan Lambalek dan Samatiga, Aceh Barat, sejak Kamis hingga Jumat (11/2/2011) terbakar. Ribuan warga yang tersebar di sejumlah kecamatan kini terancam terganggu saluran pernafasan, pasalnya pembakaran lahan yang dilakukan masyarakat di dua kecamatan itu telah menyebabkan kabut asap.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, HT Ahmad Dadek, mengatakan, pembakaran lahan seluas 500 Hektare yang terjadi di Kecamatan Arongan Lambalek dan Samatiga itu kini termasuk berbahaya. Pasalnya pembakaran lahan yang dilakukan warga di kawasan gambut di dalam hutan itu mengancam terjadinya kebakaran lahan yang lebih besar lagi.
Pasalnya, lahan gambut yang sengaja dibakar untuk pembukaan lahan bagi lahan pertanian maupun pemukiman warga itu dikhawatirkan akan berdammpak lebih buruk, mengingat saat ini kawasan itu dilanda musim kemarau. Sehingga tak menutup kemungkinan akan terjadinya musibah kebakaran lahan yang lebih besar lagi.(dedi iskandar)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar